ANALISIS KESULITAN SISWA SMK DALAM PEMBELAJARAN LISTENING DI SMK PGRI BAGELEN PURWOREJO
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian dalam rangka pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa di SMK PGRI Bagelen Purworejo dalam pembelajaran listening. Keterampilan mendengarkan (listening) memegang peranan penting dalam penguasaan Bahasa Inggris karena mendukung keterampilan komunikasi lainnya, seperti berbicara, membaca, dan menulis. Namun, berdasarkan observasi awal di SMK PGRI Bagelen Purworejo, siswa sering mengalami kesulitan dalam pembelajaran listening. Faktor-faktor seperti kurangnya media pembelajaran yang memadai, rendahnya motivasi belajar, dan kurangnya latihan menjadi kendala utama. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi berbagai kendala dalam pembelajaran listening, seperti keterbatasan kosakata, kecepatan audio, dan kurangnya motivasi belajar. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini memberikan beberapa saran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran listening di SMK PGRI Bagelen Purworejo.
