PENGGUNAAN METODE GRAPHIC ORGANIZER UNTUK MENGAJARKAN TEKS NARASI DI SMA NU LOANO PURWOREJO
ABDIMAS - PENGGUNAAN METODE GRAPHIC ORGANIZER UNTUK MENGAJARKAN TEKS NARASI DI SMA NU LOANO PURWOREJO
Kata Kunci:
Teks narasi, Metode, Graphic OrganizerAbstrak
Abstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini disusun untuk mengajarkan teks naratif menggunakan metode graphic organizer untuk siswa sekolah menengah atas. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menggunakan graphic organizer sebagai metode pembelajaran teks narasi, dan untuk mendeskripsikan beberapa manfaat penggunaan graphic organizer sebagai metode pembelajaran teks narasi untuk siswa SMA NU Loano. Ada tiga tahapan dalam menggunakan metode ini. Yaitu pra mengajar, saat mengajar dan pasca mengajar. Pada pra pengajaran, guru menunjukkan gambar untuk merangsang pikiran siswa, guru mendiskusikan gambar yang diberikan dengan siswa, dan guru memberikan teks narasi kepada siswa dan meminta mereka untuk membaca dengan keras. Selama mengajar, guru menjelaskan struktur generik teks narasi, guru menulis bentuk grafik organiser di papan tulis, guru mengisi setiap struktur generik teks narasi dalam organisasi grafis, dan guru menjelaskan fitur leksiko gramatikal teks narasi berdasarkan masing-masing peristiwa. Pada akhir mengajar, guru memberikan pertanyaan kepada siswa berdasarkan teks yang diberikan. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu proses belajar mengajar lebih jelas dan lebih komunikatif. Serta siswa dapat memahami fitur leksiko gramatikal dari teks narasi seperti simple past tense, action verbs, adverb of time and place dan lain-lainnya dengan mudah. Sehingga, memberikan motivasi kepada siswa dan mereka dapat menikmati proses pembelajaran.
Kata kunci : Metode, Graphic Organizer, Teks narasi