PEMBIASAAN PERSONAL HYGIENE GOSOK GIGI YANG BENAR SEBAGAI UPAYA PERAWATAN GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

PEMBIASAAN PERSONAL HYGIENE GOSOK GIGI YANG BENAR SEBAGAI UPAYA PERAWATAN GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tri Puspa Kusumaningsih Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia
  • Imas Sulastri Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia

Kata Kunci:

personal hygiene, menggosok gigi

Abstrak

ABSTRAK

Menyikat gigi adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, namun masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya menyikat gigi. Menurut World Health Organization (WHO), kebersihan atau kesehatan gigi dan mulut adalah praktek melakukan penjagaan kebersihan dan kesehatan mulut dengan cara menyikat gigi dan melakukan clossing untuk mencegah timbulnya problem pada gigi. Tujuan menyikat gigi adalah membersihkan plak dan semua sisa-sisa makanan yang melekat pada permukaan gigi serta memijat gusi. Menyikat gigi harus dilakukan setiap hari, sehingga plak yang terbentuk tidak bertambah banyak dan tebal. Pembiasaan personal hygiene menyikat gigi dibiasakan sejak dini. Tujuan pengabdian masyarakat ini agar siswa sekolah dasar kelas 1 dan 2 dapat lebih memahami pengertian, tujuan, langkah-langkah, frekuensi dan pembiasaan menggosok gigi sejak dini. Metode pelaksanaan kegiatan dengan penyuluhan yang dilengkapi denganpretes dan prostest serta dengan pendekatan Participatory ActionResearch(PAR). Hasil Kegiatan berdasarkan demonstrasi yang dilakukan oleh siswa setelah siswa mendengar dan melihat penjelasan tentang materi menyikat gigi siswa mampu melakukan kegiatan gosok gigi dengan benar.

 

 

Unduhan

Diterbitkan

06/21/2023

Cara Mengutip

Puspa Kusumaningsih, T., & Sulastri, I. (2023). PEMBIASAAN PERSONAL HYGIENE GOSOK GIGI YANG BENAR SEBAGAI UPAYA PERAWATAN GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR: PEMBIASAAN PERSONAL HYGIENE GOSOK GIGI YANG BENAR SEBAGAI UPAYA PERAWATAN GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IBISA, 1(2), 6–12. Diambil dari https://ejurnal.ibisa.ac.id/index.php/jp/article/view/307