MENGENAL PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI SEBAGAI BENTUK UPAYA ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN ANAK

Penulis

  • Tri Puspa Kusumaningsih Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia
  • Rina Puspita Politeknik Bina Trada

Kata Kunci:

anak usia dini, perkembangan anak, emosional anak

Abstrak

Perkembangan Perilaku emosi anak adalah proses yang berjalan secara perlahan dan anak dapat mengontrol dirinya ketika menemukan self comforting behavior atau merasa nyaman. Bila anak belum mencapai masa peka, upaya mengajar hanya akan membuang-buang waktu saja, bahkan menimbulkan respon terhadap anak yang tidak diharapkan, seperti anak merasa enggan untuk belajar. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di TK Aisyiah Busthanul Athfal 2 Pangenrejo Purworejo, terdapat anak sejumlah 104. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di TK Aisyiah Busthanul Athfal 2 Pangenrejo Purworejo terdapat 5 anak mengarah pada gangguan emosional, dimana anak belum mampu mengendalikan emosionalnya  seperti suka marah apabila keinginannya tidak segera dipenuhi, cepat marah apabila tidak dapat menyelesaikan tugasnya sendiri, sering cemburu apabila orang tuanya dekat dengan anak lain, dan memukul temannya apabila tidak mau berbagi mainan.. Tujuan pengabdian orang tua mengenal perkembangan sosisal emosional anak usia dini sebagai bentuk upaya orang tua dalam mendukung perkembangan anak. Saran kegiatan penyuluhan mengenal perkembangan sosisal emosional anak usia dini sebagai bentuk upaya orang tua dalam mendukung perkembangan anak ini sebaiknya rutin di agendakan di sekolah secara continue, sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Unduhan

Diterbitkan

01/22/2025

Cara Mengutip

Kusumaningsih, T. P., & Puspita, R. (2025). MENGENAL PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI SEBAGAI BENTUK UPAYA ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN ANAK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IBISA, 3(1), 12–20. Diambil dari https://ejurnal.ibisa.ac.id/index.php/jp/article/view/415