OPTIMALISASI CANVA UNTUK PEMBUATAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF DI SMP SMP TAKHASUS NURIL ANWAR
OPTIMIZING CANVA FOR INTERACTIVE MEDIA LEARNING IN SMP SMP TAKHASUS NURIL ANWAR
Kata Kunci:
Sosial Media, Desain Grafis, CanvaAbstrak
Sebagai akibat dari perkembangan teknologi saat ini, semua bagian masyarakat harus terus mengikuti kemajuan dalam teknologi komunikasi digital. Hal ini disebabkan oleh tren pendidikan digital dan media interaktif yang semakin meningkat, yang mengakibatkan peningkatan kebutuhan akan konten multimedia. Selain itu, masyarakat harus memiliki kemampuan untuk mendesain secara efektif dan efisien. Penulis membuat kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dasar guru dalam pembuatan media interaktif berdasarkan masalah di atas. Kegiatan pelatihan berlangsung selama satu hari dan dimulai dengan presentasi, tanya jawab interaktif, dan praktik langsung mandiri. Kegiatan ini ditujukan kepada guru dan karyawan SMP Takhasus Nuril Anwar Purworejo. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar dua puluh orang. Melalui kegiatan ini, guru belajar menggunakan Canva untuk membuat poster, presentasi interaktif, dan mengedit video. Hasil dari pengabdian yang diberikan, penulis sebagian besar sudah terbiasa dengan canva; namun, mereka kekurangan pemahaman tentang teknik desain seperti teori warna dan elemen desain grafis, terutama tentang fitur canva terbaru. Diharapkan, setelah kegiatan ini, guru dapat menggunakan canva untuk membuat media interaktif dan meningkatkan kualitas pembelajaran.