ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA (PUNCTUATION) DALAM PENULISAN BAHASA INGGRIS DI SMP TAKHASUS NURIL ANWAR
Kata Kunci:
tanda baca, kesalahan,, penulisan bahasa Inggris, error recognitionAbstrak
Penelitian sebagai pengabdian masyarkat ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan penggunaan tanda baca (punctuation) dalam penulisan bahasa Inggris siswa SMP Takhasus Nuril Anwar, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenali kesalahan melalui pelatihan error recognition. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui analisis tulisan siswa, tes error recognition, wawancara guru, dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling dominan adalah omission (penghilangan tanda baca), diikuti oleh misuse dan addition. Setelah diberikan pelatihan, terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam mengenali dan menggunakan tanda baca dengan benar. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif bagi guru, yang memperoleh strategi pengajaran baru untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi pengajaran tanda baca secara eksplisit dalam pembelajaran bahasa Inggris dan menyarankan pengembangan media pembelajaran berbasis latihan koreksi sebagai tindak lanjut