BIMBINGAN PENYULUHAN DALAM PERSIMPANGAN KONFLIK INDIVIDU

Penulis

  • Shinta Hany Paradipta Universitas Papua
  • Rossyi Sasmitha UIN Raden Patah Palembang
  • Aprilia Dinar Kamilah Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.56691/jurnalmultidisiplinerbharasa.v2i01.270

Kata Kunci:

Konseling, Konflik, Individu

Abstrak

ABSTRAK

Bimbingan dan Konseling telah menjadi metode yang tidak terpisahkan dalam proses belajar mengajar, yang menuntut perubahan positif seiring dengan perkembangan zaman, namun banyak tantangan dan kendala dalam mewujudkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi bimbingan dan konseling agama (Islam) berdasarkan regulasi yang ada di Indonesia. Melalui metode penelitian normatif kepustakaan, dimana dokumentasi merupakan kunci dalam teknik pengumpulan data, maka penelusuran datanya melalui regulasi maupun buku dan kajian ilmiah tentang bimbingan dan konseling. Sementara itu analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menemukan pemahaman individu terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling agama. Ada manfaat dan umpan balik yang sangat dibutuhkan dalam proses dan evaluasi.

 

Kata kunci: konseling, konflik, individu.

Diterbitkan

06-03-2023