MERENUNGKAN KEMBALI PROFESI GURU

Penulis

  • Ayu Nindya Wahono Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Tasya Ratri Putri Medan Universitas Panca Budi Medan
  • Ririn Susanti Maghdalena Universitas serambi Mekkah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.56691/jurnalmultidisiplinerbharasa.v2i01.268

Abstrak

Abstrak:

Pendidikan lekat dengan berbagai sumberdaya yang ada di dalamnya, termasuk guru. Tahun 2022 merupakan tahun membangun pondasi pendidikan dengan memasukkan unsur teknologi di dalamnya. Dengan megusung tema “The Transformation of Education Begins With Teachers”, peringatan hari guru sedunia tahun 2022 mengedepankan aspek pendidik sebagai garda terdepan perubahan sistem pendidikan. Untuk itulah diperlukan langkah nyata pemerintah dalam mendukung program skala internasional ini. Tulisan ini bertujuan untuk menggali lebih dalam sistem pendidikan di Indonesia, hingga pada akhirnya mampu memberikan wacana alternatif refleksi profesi seorang guru. Penelitian merupakan jenis penelitian normatif. Pengumpulan data melalui kajian pustaka. Analisis data melalui proses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pendidikan di Indonesia masih mendapat dukungan luar biasa dari masyarakat, salah satunya melalui berbagai program yang diselenggarakan oleh kelompok maupun lembaga non pemerintahan. Hal ini merupakan tamparan bagi pemerintah mengingat masih banyaknya masalah di dunia pendidikan Indonesia yang seringkali terulang dari masa ke masa namun masih belum terselesaikan.

Kata kunci: Guru, Pendidikan, Sisdiknas

Diterbitkan

06-03-2023