HUBUNGAN ASAL JURUSAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II DI AKADEMI KEBIDANAN ESTU UTOMO BOYOLALI TAHUN 2010

Penulis

  • Fetty Chandra Wulansari Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56772/jkk.v1i1.12

Kata Kunci:

Asal Jurusan, Prestasi Belajar

Abstrak

Kegiatan belajar merupakan kegiatan utama dalam proses pembelajaran. Mahasiswa akademi kebidanan
Estu Utomo Boyolali berasal dari macam-macam jurusan, dimana masing-masing mempunyai
kompetensi yang berbeda, Hal ini akan mempengaruhi mahasiswa dalam mendalami materi perkuliahan
dan prestasi belajar.
Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Hubungan Asal Jurusan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa
Tingkat II di Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali Tahun 2010.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskritif korelasi menggunakan metode pendekatan cross
sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah asal jurusan (variabel independen) dan prestasi belajar
(variabel dependen). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa tingkat II di
Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali sebanyak 144 mahasiswa. Dalam analisa data di penelitian ini
menggunakan uji statistik Chi Square.
Ada hubungan asal jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa tingkat II di Akademi Kebidanan Estu
Utomo Boyolali Tahun 2010 nilai ρ value = 0,024 lebih kecil dari nilai alpha 0,05.
Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan frekuensi belajar dan bisa mengatasi masalah internal yang
ada di diri mahasiswa untuk mendapatkan prestasi belajar (IPK) yang baik.

Unduhan

Diterbitkan

04-03-2022

Cara Mengutip

Fetty Chandra Wulansari. (2022). HUBUNGAN ASAL JURUSAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT II DI AKADEMI KEBIDANAN ESTU UTOMO BOYOLALI TAHUN 2010. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 1(1). https://doi.org/10.56772/jkk.v1i1.12