GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG ISI PIRINGKU

Authors

  • Tri Puspa Kusumaningsih Akademik Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
  • Risky Dwi Listia Akademik Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.56772/jkk.v12i2.196

Keywords:

Germas, Isi Piringku

Abstract

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat berdasarkan Inpres No 1 Tahun 2017 bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat. Hasil Riskesdas (2018) menunjukkan bahwa secara nasional perilaku penduduk umur >10 tahun kurang mengonsumsi sayur dan buah (95,5%),di Kabupaten Purworejo (53,4%). Kementerian Kesehatan membuat slogan isi piringku guna memaksimalkan pola makan gizi seimbang. Hasil survey yang telah dilakukan di Sekolah Dasar pada 6 anak, terdapat 4 anak yang tidak memahami porsi isi piringku dan terdapat 2 anak belum mengerti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan siswa di Sekolah Dasar tentang isi piringku. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif, instrument penelitian menggunakan checklist. Jumlah responden 57 orang. Total sampling. Hasil penelitian sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan baik (87,72%) tentang isi piringku, tingkat pengetahuan cukup (12,28%), dan tidak ada yang kurang. Nilai rata-rata responden 86,55, Modus 91,67, dan Median 87,50. Dari hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan responden tentang isi piringku sebagian besar baik.

Author Biographies

Tri Puspa Kusumaningsih, Akademik Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo

Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Jl. Soekarno Hatta, Borokulon, Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah

Risky Dwi Listia, Akademik Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo

Akademi Kebidanan Bhakti Putra Bangsa Purworejo
Jl. Soekarno Hatta, Borokulon, Banyuurip, Purworejo, Jawa Tengah

Published

20-04-2021

How to Cite

Kusumaningsih, T. P. ., & Listia, R. D. . (2021). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG ISI PIRINGKU. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.56772/jkk.v12i2.196

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>