HUBUNGAN TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEBEBASAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DI SD NEGERI BURAT KECAMATAN KEPIL KABUPATEN WONOSOBO
DOI:
https://doi.org/10.56772/jkk.v9i2.126Keywords:
Pola asuh orang tua, kebebasan penggunaan gadgetAbstract
Latar belakang penelitian: Masih banyak penggunaan gadget oleh siswa dan siswi di SD Negeri Burat. 6 dari 10 siswa yang didapat mereka mengaku menggunakan gadget dalam kesehariannya sebagai permainan dan media sosial. Dan terdapat 5 siswa mengalami penurunan dalam prestasi belajar akibat gadget.
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hubungan tipe pola asuh orang tua dengan kebebasan penggunaan gadget pada anak di SD Negeri Burat.
Metode penelitian : Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian 53 responden, teknik sampling simple random sampling dan jumlah sampel 47 responden. Penelitian dilakukan Rabu 04 April 2018. Alat pengambilan data berupa wawancara,kuesioner dan angket. Analisis data menggunakan uji statistik Chi- Square.
Hasil dan bahasan penelitian: Pola asuh orang tua di SD Negeri Burat paling banyakmenerapkan pola asuh permisif sebanyak 22 responden (46,8 %), kebebasan penggunaan gadget kategori tinggi 28 responden (59,6 %) dan pola asuh permisif kategori tinggi 20 responden (42,6 %). Berdasarkan analisis uji chi-square nilai signifikansi sebesar 0,000 atau (p<0,05).
Simpulan : Ada hubungan tipe pola asuh orang tua dengan kebebasan penggunaan gadget pada anak di SD Negeri Burat Kepil Wonosobo.
Saran : Bagi orang tua dapat menerapkan pola asuh yang baik dalam penggunaan gadget anak, bagi SD Burat dapat meningkatkan kedisplinan siswa yang sering membawa gadget, bagi institusi dapat digunakan sebagai tambahan refrensi, dan bagi peneliti semoga dapat menambah variabel.