PENGGUNAAN VIDEO MONOLOG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA UNTUK BIDAN PADA MAHASISWA KAMPUS IBISA PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.56772/jkk.v14i1.319Kata Kunci:
Video monolog, Berbicara, Bidan, Speaking, MidwifeAbstrak
ABSTRAK
Permasalahan klasik yang sering dihadapi oleh mahasiswa adalah berbicara. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penggunaan Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, kemapuan berbicara mahasiswa D3 Kebidanan perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penggunaan video monolog mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa, (2) langkah-langkah yang tepat dalam penerapan media video monolog, (3) mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap penggunaan video monolog. Video monolog digunakan dalam penelitian ini karena sangat efektif dan menarik perhatian, menyenangkan dan tidak membuat siswa merasa bosan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program D3 kebidanan yang berjumlah 43 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan video monolog, langkah-langkah, dan respons mahasiswa terhadap penggunaan video monolog dalam pembelajaran berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan metode angket atau kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur penelitian: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) tercapainya peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa berkat digunakannya media video monolog, (2) terdapat beberapa langkah dengan menggunakan video monolog untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Langkah-langkah tersebut menekankan pada pembelajaran berbicara dibantu dengan video monolog. dan (3) mahasiswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap penggunaan video monolog dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Kata Kunci: Video monolog, Berbicara, Bidan